Gelar Sosialisasi ATHG, Ketua FKDM Rohil Ajak Masyarakat Berperan Jaga Keamanan dan Ketertiban Lingkungan

ROKAN HILIR – Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar kegiatan sosialisasi terkait Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) di Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Rabu (9/8/2023).

Bertempat dihalam Masjid Jami’ Bagan Jawa, Kegiatan sosial ATHG di Kecamatan Bangko dimulai sekira pukul 10:00 WIB diawali dengan pembacaan doa, nyanyian lagu kebangsaan dengan mengangkat tema “Meningkatkan Peran Masyarakat Dalam Upaya Deteksi Dini, Ancaman, Tantangan, Hambatan, Gangguan (ATHG)”.

Kegiatan sosialisasi ATHG di Bagan Jawa, Kecamatan Bangko ikut dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong, S.IP., M.Si., diwakili oleh H. Padli, S.H., (Kepala Badan Satuan Bangsa dan Politik) Kaban Kesbangpol Rohil, Ketua FKDM Rohil M. Hotip, Sekretaris FKDM Rohil Sulisman, S.Pd.i., beserta anggota, Pengurus FKDM Bangko, Camat Bangko Aspri Mulya, S.STP., Perwakilan Kodim 0321/ Rohil Sersan Mayor Agus Sugama, Perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohil, Kasiintel Yopentinu Adi Nugraha, S.H., Lurah Bagan Punak Riyadi Putra, Lurah Bagan Timur Arisandi, S.E., Seluruh Kepala Desa Se Kecamatan Bangko,  Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat serta pihak lainnya.

Pada kata sambutannya, Ketua FKDM Rohil M. Hotip menyampaikan menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan penuh Kepada Pemerintah Daerah di bawah kepemimpinan Bupati Rohil Afrizal Sintong sehingga kegiatan sosialisasi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dalam mengantisipasi ATHG di tengah-tengah masyarakat.

Selanjutnya M. Hotip ikut memaparkan sosialisasi kewaspadaan dini tersebut mengacu berdasarkan peraturan dalam negeri No 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan dini di daerah.

Ketua FKDM Rohil ikut menyampaikan bahwa Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang disingkat FKDM dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 46 Tahun 2019 yaitu upaya Pendeteksi dan Pencegahan Dini dalam mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan.

“Pada Kesempatan ini, saya mengajak kepada semuanya, mari kita jaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat di Kecamatan Bangko dengan sebaik-baiknya, mari kita jaga Rokan Hilir tetap aman dan Kondusif sehingga masyarakat hidup rukun senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan sehingga terwujud masyarakat Rokan Hilir damai dan sejahtera,” Ajak M. Hotip.

Selanjutnya kata sambutan sekaligus pembukaan acara sosialisasi ATHG di Desa Bagan Jawa Kecamatan Bangko di buka langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong diwakili Kaban Kesbangpol Rohil H. Fadil, S.H.,

Pada Kesempatan tersebut, Kaban Kesbangpol Rohil Fadli, S.H., menyampaikan dengan kegiatan sosialisasi ATHG ditengah masyarakat tersebut FKDM Rohil diharapkan kedepannya mampu lebih berperan dalam mengatasi pendeteksian dini situasi di tingkat desa dan kecamatan masing masing.

“Dalam konteks menjaga kesatuan bangsa dan keamanan, melalui kegiatan sosialisasi seperti ini FKDM Rohil diharapkan kedepannya dapat berkolaborasi bersama masyarakat mengawal potensi dan indikasi sekecil apapun yang menjadi ancaman dan gangguan di lingkungan masing-masing harus diantisipasi  dengan penuh kepekaan dan kesiagaan,” Ujar Fadli.

Fadli ikut menghimbau kepada seluruh peserta dan mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan isu isu yang menimbulkan ATHG dilingkungan tempat

Fadli Kaban Kesbangpol Rohil menambahkan dengan semangat kebersamaan dan kepedulian yang terbangun niscaya akan tercipta sebuah komunitas masyarakat dengan struktur yang kokoh dan kuat, yang tidak akan mudah terkontaminasi oleh paham-paham, ideologi, gerakan radikalisme atau jaringan narkoba yang sekarang sedang mewabah didaerah.

Selanjutnya Kegiatan Sosialisasi ATHG di Desa Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Rohil dilanjutkan penyampaian dari Narasumber atau Pemateri dari Perwakilan Kodim 0321/ Rohil yang disampaikan langsung oleh Bintara Tinggi Intelijen (Bati) Sersan Mayor Agus Sugama dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohil yang disampaikan oleh Kasiintel Yopentinu Adi Nugraha, S.H., serta penutup acara Sosialisasi ATHG dilanjutkan oleh Camat Bangko Aspri Mulya, S.STP.

Diakhir penyampaiannya kata penutupan Camat Bangko Aspri Mulya, S.STP berharap kegiatan sosialisasi FKDM terkait ATHG di Desa Bagan Jawa tersebut dapat membawa manfaat dalam menciptakan suasana yang aman dan Kondusif. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *