Terganjal Regulasi, Tiga Cabor Batal Bertanding Pada PORKAB Rohil 2019

ROKAN HILIR, SERIBU KUBAH –
Pemkab Rokan Hilir (Rohil) bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Rohil akan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) I Tahun 2019.

Setidaknya ada 16 cabang olahraga (cabor) dipertandingkan dalam even olahraga 2 tahun sekali yang direncanakan berlangsung dari tanggal 16 Desember 2019 sampai dengan 21 Desember 2019 ini.

Awalnya Panitia Besar (PB) PORKAB Rohil telah merilis sebanyak 19 Cabor yang akan dipertandingkan, namun ditemukan sejumlah Cabor tidak memenuhi regulasi yang sudah ditetapkan pihak KONI, sehingga mengerucut menjadi 16 Cabor.

” Awalnya 19, namun ada tiga cabor yang batal mengikuti, diantaranya sepak takraw, sepeda sport dan basket,” sebut Humas PB PORKAB Rohil 2019, Sutrisno saat diwawancarai media www.seribukubah.com, Kamis (5/12/).

Menurut Sutrisno, ada alasan masing-masing cabor tersebut sehingga tidak dapat berpartisipasi pada pesta olahraga tingkat kabupaten itu.

“Sepeda sport undur diri karena tidak mencapai ambang batas minimum perwakilan kecamatan, sementara cabang Takraw dicoret karena kepengurusan sudah demisioner dan sampai saat ini belum melaksanakan Muskab,” jelas Sutrisno.

Sedangkan Basket, kata Sutrisno, abstain di PORKAB karena dua alasan sesuai informasi yang dihimpun dari Ketua Perbasi Rohil Muryadi. Pertama regulasi yang di tetapkan oleh KONI bahwa minimal harus diikuti oleh enam kecamatan tidak terpenuhi.

Karena lanjutnya, setelah diverifikasi cabang Basket hanya mampu mewakili empat kecamatan, Bangko, Pasir Limau Kapas, Bagan Sinembah dan Bagan Sinembah Raya.

” Basket mendapat kepastian tahun 2020, untuk pertama kalinya dalam sejarah bahwa HSBL (Honda Student Basketball League) Riau, dapat diselenggarakan di Bagansiapiapi, Rokan Hilir bulan Februari atau Maret tahun 2020 mendatang,” kata Sutrisno meneruskan apa yang disampaikan Muryadi.

Untuk itu, lanjut Sutrisno, Perbasi perlu persiapan yang maksimal dan serius agar potensi kompetisi yang mengantarkan kesetaraan potensi untuk kompetisi atlit Rohil. “Makanya mereka abstain,” ujarnya.

PERBASI lebih fokus untuk menggelar kejuaraan kabupaten antar sekolah Se Rokan Hilir, insyaallah paling lama pekan ketiga Desember 2019 ini sebagai langkah dasar verifikasi yang akan dilakukan oleh Even Organizer HSBL wilayah Riau.

” Jadi tidak mungkin mereka mampu menggelar dua Iven sekaligus dibulan yg sama, tempat yang sama juga atlit dan panitia yg sama,”pungkasnya.

Berikut ini nama dan jumlah Cabor yang dipertandingkan pada PORKAB Rokan Hilir ke I tahun 2019 :
1.Atletik
2.Bilyar
3.Bola Volly Indoor
4.Bulu Tangkis
5.Catur
6.Futsal
7.Karate
8.Menembak
9.Silat
10.PanjatTebing
11.Petanque
12.Renang
13.Sepakbola
14.Sepatu Roda
15.Tarung Drajat
16.Tenis Meja

(Redaksi)