by

Tingkatkan Kualitas Hidup dan Pendidikan Generasi

BAGANSIAPIAPI (seribukubah.com) —  Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M)    merupakan gerakan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan sebagai ibu rumah tangga, pendidik pertama dan utama yang diharapkan kan dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga yang berimbas pada peningkatan pendidikan dan kualitas hidup generasi berikutnya.

Hal tersebut disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Rokan Hilir Muhammad Nurhidayat SH MH, Rabu (161/12) di Bagansiapiapi

Diterangkan Dayat bahwa kegiatan GP3M merupakan puncak dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu kegiatan desa vokasi dan Program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH- P) yang seluruh pesertanya telah diberi Pendidikan dan Pelatihan dengan bobot materi 66 jam pelajaran pada bulan September dan berakhir pada awal bulan November 2020 lalu.

“Setelah menjalin Pendidikan dan Pelatihan, selanjutnya peserta mendapatkan pendampingan sekurang-kurangnya dua bulan selama pembelajaran berakhir,”kata Nurhidayat lagi.

Adapun tujuan pendampingan ini, akui Dayat untuk memberikan bantuan bimbingan teknis dalam merintis, mengembangkan dan melaksanakan usaha kelompok yang selanjutnya harus mampu memunculkan kelompok-kelompok usaha mikro atau home industri yang dapat mendukung ekonomi kreatif.

“Adanya program GP3M ini saya berkeyakinan akan berhasil, dan berkesinambungan program semakin baik dan berkembang serta dibantu pemanfaatan teknologi yang ada,”tambahnya.

Kemudian program ini juga sebagai bentuk peningkatan kualitas hidup kaum perempuan sehingga menjadi produktif dan dapat setara dengan masyarakat.

“Program ini bukan hanya seremonial saja atau teori namun ada produk-produk keterampilan.
Melalui program ini ini akan dapat mengeksplorasi keterampilan dan potensi masyarakat guna meningkatkan ekonomi rumah tangga,”ujarnya.

Hal tersebut tambah Nurhidayat, karena jika semua perempuan berkontribusi dalam peningkatan – peningkatan penghasilan keluarga maka akan menjadi penguat perekonomian bangsa yang kokoh

“Adanya produk-produk yang dihasilkan kami mengharapkan OPD terkait dapat membantu, membimbing dan mendorong agar produk – produk dapat laku di pasaran,”pintanya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kepada kementerian pendidikan dan kebudayaan RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah atas terlaksananya kegiatan GP3M.

“Kami menaruh harapan agar perhatian serta bantuan dana dari pemerintah pusat, untuk program ini terus berkelanjutan untuk menopang kualitas perempuan menjadi produktif dan mandiri,”paparnya. (mg)

News Feed