by

Pilpeng Bagan Jawa Tuntas

Bagansiapiapi – Pemilihan Kepenghuluan (Pilpeng) Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tuntas. Calon Penghulu nomor urut dua Markasim, SE meraih suara terbanyak.

Ketua Panitia Pemilihan Indra Haryono mengatakan berdasarkan pada pleno penghitungan, Markasim meraih suara terbanyak yakni 30 persen lebih.

“Yang meraih suara terbanyak adalah saudara Markasim, SE dengan jumlah suara 1.559,” kata Indra Haryono usai menggelar pleno rekapitulasi dan penetapan yang digelar panitia Pilpeng Bagan Jawa, Selasa (22/12/2020).

Ia menyebutkan untuk tingkat partisipasi mencapai 64 persen. Berdasarkan dari data pemilih sebanyak 5.354 orang, sementara yang memilih 3.388 ditambah suara tak sah 40 berarti total 3.428 penguna hak suara, sehingga jika dihitung tingkat partisipasi sebesar 64 persen.

Selanjutnya, kata Indra maka hasil pleno itu akan disampaikan ke Badan Permusyaratan Kepenghuluan (BPKep) setempat.

“Sesuai dengan aturan setelah penetapan hasil ini, disampaikan ke BPKep untuk selanjutnya akan diteruskan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan tembusan ke camat,” ujar Indra Haryono.

Pihak DPMD akan meneruskan ke Bupati untuk selanjutnya akan dilaksanakan pelantikan penghulu terpilih. Mengenai jadwal pelantikan diharapkan dapat terlaksana pada Desember ini juga jika tidak digelar pada Januari 2021.

Pjs Penghulu Bagan Jawa Misnan menyampaikan terimakasih kepada panitia yang telah bekerja dengan baik melaksanakan pilpeng. Semua tahapan berjalan dengan baik sesuai harapan.

“Terimakasih juga kepada semua pihak yang membantu baik TNI/Polri, tokoh dan masyarakat,” kata Misnan.

Sementara Penghulu terpilih Markasim mengucapkan ribuan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kepenghuluan Bagan Jawa. Ia juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sangat antusias menggunakan hak pilih.

“Insya Allah saya akan rangkul membawa seluruh tokoh-tokoh masyarakat dan komponen masyarakat yang terlibat, terutama mungkin dalam pembangunan ADD secara skala prioritas. Saya akan lakukan azas musyawarah dan mufakat, bersama-sama. Karena saya tidak bisa membangun sendiri tanpa kita semua ini,” kata Markasim. (red)

News Feed