by

Pemkab Rohil Berupaya Membentuk Generasi Handal

ROKAN HILIR – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menjalankan visi dan misinya dengan meningkatkan bidang pendidikan sebagai langkah untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal. Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H.Suyatno mengharapkan doa dan dukungan masyarakat agar kabupaten Rokan Hilir semakin maju sehingga masyarakatnya tenteram, tenang dan semakin sejahtera.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pemerintah daerah Rokan Hilir berupaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal dengan melakukan penjaringan calon mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor (IPB) jalur beasiswa utusan daerah (BUD) tahun 2019 terhadap berbagai siswa di sekolah se-Kabupaten Rokan Hilir.

Lima orang siswa lulus pada saat itu dibiayai pemerintah daerah Rohil sejak masuk kuliah hingga selesai kuliah.

“Bagi siswa yang lulus nantinya akan dibiayai oleh Pemda Rohil dari mulai masuk kuliah sampai selesai masa kuliah sekitar 4 tahun,” ujarnya Bupati Kabupaten Rohil H.Suyatno.

Sebelumnya pemerintah kabupaten Rokan Hilir juga sudah melakukan penjaringan jalur BUD untuk calon mahasiswa baru Politeknik Chevron Riau (PCR). Ada lima orang yang telah lulus dalam penjaringan tersebut.

Pemerintah daerah dalam program beasiswa utusan daerah (BUD) ini untuk memberikan motivasi kepada siswa agar serius belajar dan meraih prestasi di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Motivasi tersebut dengan memberikan dukungan biaya dalam menjalani masa pendidikan. Selain itu, pemerintah daerah Rokan Hilir juga melaksanakan program dukungan dan penghargaan serta sagu hati terhadap siswa berprestasi.

Pemberian piagam dan sagu hati dilaksanakan saat usai apel bendera detik-detik peringatan Proklamasi dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun.

Tujuh orang Pelajar Rohil berprestasi telah mengharumkan nama Kabupaten Rokan Hilir di kancah Provinsi Riau. Bahkan satu siswa bernama Nattan Enzi Febian saat itu sedang berangkat ke Bandung untuk mengikuti seleksi Nasional di bidang study IPA, sehingga pada penerimaan penghargaan dan sagu hati di wakili oleh kepala sekolahnya. Jika Nattan Enzi Febian lolos seleksi maka ia akan berangkat ke Qatar untuk mewakili Indonesia pada bidang Study IPA.

“Ada tujuh orang siswa berprestasi di bidangnya masing-masing. Dari tujuh siswa tersebut memperoleh delapan medali di tingkat Provinsi Riau dan satu medali emas di tingkat Nasional. Siswa SMPN 1 Bagansinembah, Nattan Enzi Febian berprestasi memperoleh medali emas di ajang OSN bidang Study IPA tingkat provinsi Riau dan tingkat nasional. Saat ini sedang berangkat ke Bandung untuk mengikuti seleksi nasional. Doakan saja Nattan bisa mewakili Indonesia ke Qatar. Tanggal sembilan mendatang seleksinya,”tutur Kadisdikbud Rohil H.Muhammad Rusli Sarif,S.Sos usai apel bendera HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Astaqa MTQ Taman budaya Rohil jalan Kecamatan komplek Perkantoran batu enam Bagansiapiap, Sabtu (17/08/2019).

H.Muhammad Rusli Sarif,S.Sos menjelaskan para siswa yang berprestasi tersebut akan dibina secara terus menerus.

”Kita ada program,”tutur Rusli Sarif.

Dijelaskan kadisdikbud Rohil, siswa berprestasi tersebut diberikan uang pembinaan sebagai motivasi kepada siswa yang lain agar berlomba-lomba untuk memperoleh prestasi dibidangnya masing-masing.

“Untuk yang berprestasi medali emas tingkat nasional kita memberikan uang pembinaan sebesar lima juta rupiah. Sedangkan untuk yang berprestasi di tingkat provinsi Riau memperoleh medali emas, kita memberikan uang pembinaan sebesar dua juta rupiah dan untuk yang memperoleh medali perak sebesar satu juta setengah rupiah,”tuturnya.

Dia menjelaskan pemberian piagam dan penghargaan ini setiap tahun diberikan. Karena program ini berkelanjutan. Namun karena pada tahun kemaren tidak ada yang berprestasi makanya tidak ada pemberian penghargaan.

“Memang secara kebetulan pada tahun ini luar biasa karena memperoleh delapan medali, empat diantaranya merupakan medali emas tingkat provinsi Riau dan satu juara I tingkat Nasional. Selamat juga kepada Adinda Suci Fadilah saat ini adalah hari kelahirannya,”tandasnya H.Muhammad Rusli Sarif.

Kemudian itu, kata kadisdikbud Rohil ini, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir telah menerima penghargaan dari kemendikbud RI sebagai instansi dengan laporan DAK (Dana Alokasi Khusus) terbaik, terapi dan tercepat. Pada tahun 2019 Disdikbud Rohil menerima bantuan dana DAK sebesar Rp.16.700.000.000,_ karena menerima penghargan maka pada tahun 2020 mendatang dana DAK yang diterima Dinsikbud Rohil bertambah bonus sebesar 5 miliar sehingga pada tahun 2020 dana DAK akan diterima mencapai Rp 32 Miliar.

Rusli Sarief mengatakan bahwa bonus yang di terima tersebut di berikan melalui bentuk program pembangunan rumah dinas kepala sekolah lengkap dengan perabotannya.

“Ada 18 sekolah yang mendapatkan bantuan pembangunan rumah dinas kepala sekolah tersebut. Program ini khususnya untuk sekolah yang berada di pesisir. Data itu semuanya dari pusat,”tuturnya. (ADV/Humas)

News Feed