by

Museum Tionghoa Dirusak OTK

ROKAN HILIR, SERIBU KUBAH – Museum Tionghoa milik Pemkab Rokan Hilir (Rohil) yang berlokasi di Batu 6 hancur berantakan dirusak Orang Tak Dikenal (OTK). banyak koleksi barang-barang hilang.

Barang barang yang dirusak antaranya pintu, Kaca jendela, pagar stainles, photo koleksi, guci keramik dan patung patung,sementara sejumlah barang lainnya dilaporkan hilang yakni patung Harimau, Sepeda Ontel dan miniatur miniatur.

Mengetahui hal ini Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Olahraga (Dispora) Rohil Budiman,ST bersama Kabid Ekonomi Kreatif Zakia Hada dan para staf langsung meninjau lokasi kejadian. Selain itu disaat bersamaan pihak Dispora juga langsung melaporkan kejadian itu ke pihak yang berwajib

“Kita dapat informasi langsung turun dan masih kita inventarisir barang apa saja yang hilang,” kata Budiman. Ia amat menyayangkan hal ini terjadi sebab seharusnya masyarakat bisa sama-sama menjaga apalagi ini Museum Sejarah yang diresmikan 6 Juni 2008 oleh H.Annas Maamun ini.

Memang dalam setahun terakhir Museum ini sudah tidak dijaga oleh penjaga malam. Ada hal teknis sehingga tidak dijaga.

“Aset tersisa kita amankan dahulu, bisa dikatakan hampir sebagian aset hilang dan sisanya akan kita bawa ke kantor Dispora,” katanya. Pihaknya juga sudah melaporkan hal ini ke Bupati dan Sekda Rohil untuk diketahui apa yang terjadi.

Dilokasi kejadian terlihat Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais,SH, beserta dua anggotanya yakni Aipda Ramadhan dan Bripka Puji Anton. langsung melakulan olah TKP dan meminta pihak Dispora membuat laporan resmi dengan melampirkan aset-aset yang hilang. (**)

News Feed