Puluhan Kontraktor Ramai-ramai ke Mess Bupati Rohil, Loh Kenapa?

Bagansiapiapi (Seribu Kubah) – Lebih kurang sekitar 50 orang kontraktor lokal ramai-ramai mendatangi Mess Bupati Rokan Hilir (Rohil) di Jalan Perwira, Bagansiapiapi, Selasa (3/1/2023) malam.

Menurut keterangan salah seorang kontraktor lokal inisial SR yang berhasil di wawancarai sekira pukul 23.16 WIB, Selasa (3/1/2023) membeberkan bahwa tujuan kedatangan mereka di kediaman atau rumah dinas Bupati Rohil guna meminta kepastian kapan pembayaran dari pekerjaan langsung (PL) anggaran APBD-P tahun 2023.

“Kami ke sini beramai-ramai berjumpa langsung dengan Bupati Rohil Afrizal Sintong, Kepala Dinas PUTR, Kadis BPKAD menuntut pembayaran dari pekerjaan yang telah kami laksanakan,” kata SR, sebagaimana dilansir Sumatratimes.co.id.

Yang menjadi pertanyaan kami, lanjut SR kepada awak media, kenapa pengadaan kursi Pijit dengan nilai Rp.200.000.000 untuk Pimpinan Kepala daerah di cairkan oleh BPKAD, sementara kami (pihak kontraktor lokal) yang hanya mencari makan dan sesuap nasi dari pekerjaan ini tidak dicairkan, mana lebih urgent kepentingan orang ramai (masyarakat) atau kepentingan pribadi semata, tanya SR menyayangkan.

Ketika ditanya apa penyebab terlambatnya proses pemberkasan di BPKAD sehingga tidak dapat di posting di Bank Riau, SR menuding penyebab utamanya adalah diduga Kepala Dinas PUTR Kabupaten Rohil.

“Ini gara gara Kadis PUTR (diduga inisial AS) yang suka menunda penandatanganan berkas SPM, setiap berkas yang mau di tandatangani di catat, pagi ini di antar keruangan Kadis besok pagi baru selesai di tandatangani, Kadis  sebelumnya tidak pernah begini,” ungkapnya.

Masih didepan mess Bupati, rekanan kontraktor lain inisial L juga meluahkan kekesalannya terhadap Pemangku Jabatan yang terkesan tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Pada intinya puluhan kontraktor lokal yang beramai-ramai datang ke mess Bupati menginginkan pembayaran pada bulan ini juga, kalau sampai tunda bayar maka puluhan kontraktor kecil notabenenya masyarakat Kecamatan Bangko mengalami kerugian secara moril dan materil.

“Endingnya tadi, Bupati di hadapan Kepala BPKAD, Kepala Bank Riau, Kepala PUTR dan dihadapan kami semua memerintah besok semua berkas harus di tandatangani oleh Kadis BPKAD, kita tunggu lah besok,” ungkap L penuh harap.

Terpisah, hingga berita ini di terbitkan Bupati Rohil saat dikonfirmasi melalui via telepon seluler (WhatsApp) belum memberikan klarifikasi terkait puluhan kontraktor lokal yang beramai-ramai mendatangi (Mess) rumah dinas Bupati.

“Semua berkas SPM yang ada di Dinas PUTR sudah saya tangani selaku kepala dinas, yang belum ditanda tangani itu ada lah sp2d nya, karena Ibuk Kabid mulai kemaren tidak di tempat. Hasil dengan Pak Bupati dan kontraktor malam ini. Pak bupati menunjuk Kepala BPKAD langsung menanda tangani sp2d, Demikian trims,” jawab Kadis PUTR Rohil, Asnar. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *