Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Rohil Berlangsung Khidmat

 

ROKQN HILIR, seribukubah.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bersama seluruh Forkopimda menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional yang dipusatkan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Kamis (10/11/2022).

Bupati Rohil Afrizal Sintong secara langsung menjadi inspektur upacara peringatan hari pahlawan nasional tersebut dan dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, Sekda Rohil Fery H Parya, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr (Han), Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, para kepala OPD, Ormas, OKP dan berbagai unsur lainnya.

Bupati Rohil dalam sambutannya mengatakan, kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pendahulu negeri seperti yang ditunjukkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan Hari Pahlawan.

“Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat dan diperingati secara seremonial saja pada setiap tanggal 10 November, namun lebih dari itu bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya,” katanya.

Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan sebutnya, diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan tema hari Pahlawan Tahun 2022 “ Pahlawanku Teladanku”.

“Setiap orang dapat berperan sesuai kemampuan, keahlian, dan keterampilan masing-masing untuk memberikan kontribusi bagi bangsa sebagai wujud pahlawan masa kini,” jelasnya.

Pada masa lalu lanjutnya, para pejuang berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal dan termasuk berjuang melawan dampak dari pandemi covid 19 yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun

Melalui semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, bangsa Indonesia diharapkan dapat melaksanakan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 dengan khidmat dan tidak kehilangan makna.

Bahkan katanya, dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama tanpa memandang sekat-sekat perbedaan.

“Mari kita jadikan momentum Hari Pahlawan Tahun 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak semua elemen yang ada di Kabupaten Rohil agar saling bahu membahu untuk bersama melanjutkan perjuangan para pejuang terdahulu dengan bersama-sama membangun Kabupaten Rohil yang berjuluk Negeri Seribu Kubah.

Usai menggelar upacara bendera, kemudian dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke taman makam pahlawan dan diakhiri dengan ramah tamah dengan para veteran. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *