Wabup Sulaiman Hadiri Pelantikan Panwascam se Kabupaten Rohil

 

BAGANSIAPIAPI, seribukubah.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Syahyuri secara resmi melantik anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Rohil, Jumat (28/10/2022).

Pelantikan yang dipusatkan di Gedung Misran Rais, Jalan Utama, Bagansiapiapi tersebut dihadiri Wabup Rohil H Sulaiman SS MH, Sekda Rohil Drs Fery H Parya anggota DPRD Rohil Hermawan, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr (Han), Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, perwakilan Polres, beberapa kepala OPD serta undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Rohil Syahyuri dalam sambutannya mengatakan, beberapa waktu lalu Bawaslu Rohil membuka pendaftaran penerimaan Panwascam se Kabupaten Rohil.

Dimana katanya, ada 391 orang yang mendaftar dan dari 391 orang tersebut ada 16 Kecamatan yang tidak terpenuhi keterwakilan perempuan.

“Sehingga kita kembali membuka pendaftaran. Dari pendaftaran gelombang pertama hingga yang kedua ada 330 orang yang dinyatakan lulus administrasi, ” katanya.

Kemudian lanjut Syahyuri, pada tahapan berikutnya dilakukan tes CAT dan setelah melalui tes tersebut, ada 6 orang setiap Kecamatan yang dinyatakan Bawaslu lulus.

“Kemudian kita lakukan tes wawancara dan terpilih lah 54 orang ini. Dari 54 orang itu ada 8 orang keterwakilan perempuan, ” paparnya.

Kepada seluruh Panwascam yang baru saja dilantik, Syahyuri menyampaikan ucapan selamat bergabung di Bawaslu Rohil dan meminta untuk bekerja secara profesional dan penuh integras.

Bawaslu Rohil terangnya, sekarang lebih mengutamakan pencegahan bukan penindakan. Dimana katanya, setelah pencegahan dilakukan secara maksimal dan masih ditemukan pelanggaran baru diterapkan penindakan.

“Kami ucapkan selamat bergabung di Bawaslu Rohil dan mari kita awasi setiap tahapan ini sesuai ketentuan yang berlaku. Kami meminta ketika kembali ke Kecamatan segera berkoordinasi dengan Upika seperti Polsek, Koramil dan Kecamatan serta tokoh masyarakat,” paparnya.

Usia dilantik, 54 orang Panwascam yang terdiri dari 18 Kecamatan kemudian akan mengikuti Bimtek yang diselenggarakan oleh Bawaslu.

Syahyuri juga mengatakan bahwa, adapun tugas-tugas yang akan menanti kedepannya yang pertama adalah verifikasi partai politik yang sekarang berlangsung di KPU tentang keanggotaan partai politik, kemudian terkait daftar pemilih tetap yang akan kita lakukan juga verifikasi di lapangan.

“Kita berharap nanti Panwascam yang sudah dilantik ini ikut dalam melakukan proses pengawasan terhadap daftar pemilih tetap yang akan dilakukan oleh KPU Kabupaten,” katanya.

Sementara itu, Wabup Rohil dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Panwascam yang telah dilantik dan meminta agar bekerja secara profesional serta menjaga integritas.

“Kami berharap kepada Panwascam agar menjaga integritas dan bekerja profesional, kunci keberhasilan pemilu 2024 adalah adanya Bawaslu di Indonesia khususnya di Rohil,” sebutnya.

Wabup juga meminta Panwascam agar menjaga netralitas pada Pilkada 2024 yang akan datang. Sebab, Wabup meyakini Panwascam yang dilantik merupakan orang-orang yang memiliki integritas dalam menjalankan tugas nya. (Adv Pemkab Rohil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *