Bidan Desa Himbau Para Ibu-ibu Bawa Balita ke Posyandu

ROKAN HILIR, seribukubah.com – Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan Balita bersumberdaya Masyarakat yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.

Desa Labuhan Tangga Kecil, Kecamatan Bangko Rohil melalui Kader Posyandu ‘Mawar Merah’ melakukan kegiatan Posyandu Balita pada hari Jumat (5/8/2022), bertempat di Halaman Pustu Labuhan Tangga Kecil, jalan Lintas Bagansiapiapi -Ujung Tanjung

Kegiatan pelayanan kesehatan bulanan yang di lakukan secara rutin ini untuk mengecek dan memperhatikan kembang tumbuh balita melalui proses penimbangan, suntik imunisasi dan pemberian vitamin..

Sementara personil petugas posyandu itu sendiri melibatkan berbagai unsur yakni, masyarakat, aparat desa setempat  dan para bidan desa.

“Untuk kontrol berat badan pun selalu di kontrol tiap bulannya untuk mengetahui apakah berat badannya naik apa turun,hal ini untuk mengetahui agar balita tidak akan mengalami gizi buruk,” kata Ratna Hendriani A.Md. keb, salah seorang petugas Posyandu Mawar Merah, Kepada media www.seribukubah.com.

Dikatakan Ratna, Dalam hal pencapaian program ini, tingkat kesadaran masyarakat menjadi penyemangat para kader untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik, bidan desa pun selalu memberikan arahan agar para ibu ibu menjagakan kesehatan dan memahami apa arti kesehatan bagi balitanya.

Meskipun demikian, pihaknya menilai tingkat kesadaran masyarakat terutama para kaum ibu-ibu belumlah maksimal dalam mengapresiasi kegiatan itu.

“Kami menghimbau kepada para ibu-ibu agar dapat membawa anaknya untuk melakukan imunisasi, karena ini sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak-anak,” ujarnya

Senada dengan Ratna Hendriani, salah seorang tenaga kesehatan Fitri Yanti A.Md.keb, yang turut tergabung dalam kader Posyandu Mawar Merah itu juga berharap kegiatan rutinitas bulanan itu bisa berjalan sesuai rencana.

” Ini kegiatan rutinitas yang dilaksanakan setiap tanggal 5 dengan melakukan penimbangan demi memantau pertumbuhan balita hingga usia 5 tahun dan memberikan layanan kesehatan lainnya,” kata Fitri

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat disekitar tempat dirinya bertugas, untuk senantiasa membawa balita-balita mereka ke-Posyandu serta memeriksakan kesehatan si anak.

“Kita sangat menghimbau kepada masyarakat, yang memiliki anak usia balita, agar selalu membawa anaknya ke-Posyandu untuk memeriksa kesehatannya. Tentunya hal ini sangat penting bagi kesehatan anak,” katanya  (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *