Konferprov PWI Riau XV Secara Resmi Dibuka

Bengkalis, Seribukubah.com – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Setdaprov Riau, Masrul Kasmy  mewakili Gubernur Riau, secara resmi membuka acara Konferensi Provinsi (Konferprov) XV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, di Wisma Sri Mahkota, Bengkalis, Rabu (22/6/22) malam.

Dalam arahannya Masrul Kasmi mengatakan keberadaan media sangat penting bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi.

“Keberadaan media dan Insan Pers sebagai media penyebarluasan informasi, akan menjadi sangat penting, karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang aktual dan faktual,” kata Masrul.

Ia berujar, Pers berkualitas tidak sekedar bermakna pers yang mampu menghadirkan konten-konten berita atau informasi yang berkualitas kepada masyarakat. Namun, harus bisa menangkis penyebaran hoax atau berita bohong (fake news).

“Kondisi maraknya informasi hoax, sudah menjadi perhatian serius dari kita semua. Apalagi sekarang ini berita-berita hoax atau berita bohong, telah terjadi berulang-ulang, sehingga sangat mengkhawatirkan masyarakat luas,” ujar Masrul.

Dikatakannya, melalui Konferprov ini merupakan pesta demokrasi wartawan dengan memilih Ketua PWI Riau ke depan yang amanah dan memiliki kapasitas serta integritas profesi yang sudah terbukti.

“Oleh karena itu eksistensi PWI sebagai organisasi pers harus menjadi perekat dan pemersatu insan pers, serta menjadi mitra Pemerintah,” ucap Masrul.

Lebih lanjut ia berujar, PWI sebagai lembaga pers yang independen, membawa misi dan tujuan yang mulia. Hal ini demi terwujudnya kehidupan pers nasional yang merdeka, profesional, bermartabat, dan beradab. Sehingga terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat, dan benar.

“Oleh karena itu, keberadaan PWI sebagai organisasi pers memberi arti sangat besar bagi insan pers yang konsisten pada tujuan luhur pendiriannya. Dengan memberi banyak akses dan fasilitas kepada anggotanya untuk terus tumbuh profesional,” ucap Masrul Kasmy.

Sementara itu Ketua PWI Riau Zulmansyah Sakedang  dalam pidatonya berharap  kepada seluruh anggota PWI agar tetap mengedepankan kekompakan

” mari sambut konferensi dengan gembira dan bersuka cita, meskipun kita beda pilihan namun jangan sampai membuat kita berpecah belah,” ucapnya

Senada dengan Zulmansyah ketua PWI Pusat yang diwakili ketua bidang organisasi Zulkifli Gani juga berharap hal yang sama

“Boleh kita berbeda pilihan boleh kita berbeda calon, namun usai Konferprov ini nanti kita tetap bersatu,” kata Zulkifli.

Selain itu Zulkifli juga berharap kepada ketua PWI Riau yang terpilih nantinya agar memprioritaskan program pendidikan dan pelatihan jurnalistik untuk anggota PWI.

Menurut dia, melalui pelatihan sertifikasi jurnalistik akan membentuk wartawan yang kompeten dan memiliki integritas

“melalui pelatihan -pelatihan jurnalistik akan menciptakan wartawan PWI  yang berkualitas dan tentunya akan selalu menjunjung kode etik profesi,” ujarnya

Tampak hadir pada Pembukaan Konferprov XV PWI Riau, Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso, Kapolres Kota Dumai, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Dinas Kominfotik Riau, Raja Hendra Saputra, sejumlah Anggota DPRD Bengkalis, para kepala Dinas dilingkungan Pemkab Bengkalis dan para undangan lainnya juga terlihat hadir. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *