Sambut Ramadhan, Jamaah Mushalla Nurul Hidayah Gelar Goro

ROHIL, SERIBUKUBAH.COM- Menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2022 atau 1443 hijrah yang tak lama lagi akan segera tiba, masyarakat disekitar Mushalla Nurul Hidayah Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko Rokan Hilir (Rohil) menggelar kegiatan Gotong royong (Goro) Minggu (27/3/2022)

Kegiatan goro itu sendiri untuk menyiapkan segala sesuatunya kebutuhan demi lancarnya proses shalat tarawih dan witir serta ibadah lainnya pada bulan puasa nantinya.

Ketua RT 03 Labuhan tangga Kecil Dedi Kurniawan mengatakan, selain membersihkan lingkungan mushalla, kegiatan utama dalam Goro itu adalah untuk memasang instalasi air yang disedot dari sumur lalu disuplai kedalam kamar tempat wudhu dengan memakai pipa paralon

“Saat ini mushalla Nurul hidayah ini tidak memiliki tempat penampungan air, jadi untuk ketersediaan air wudhu nanti kkita memakai air sumur yang akan kita sedot memakai pompa air lalu kita alirkan kedalam tempat wudhu,” kata Dedi

Selain itu kata Dedi, juga akan dilakukan pekerjaan cor lantai disertai dengan plesteran dinding kamar mandi “semua peralatan pekerjaan sudah tersedia tinggal melaksanakannya,” kata Dedi lagi

Ketua mushalla Nurul hidayah Hariyanto mengatakan, sebelumnya pihaknya telah membangun satu unit tempat wudhu sekaligus kamar mandi dengan ukuran 4×4 meter di mushalla tersebut.

Pelaksanaan pembangunannya dilakukan secara bertahap dan belum sepenuhnya rampung. Sementara dana pembangunan itu sendiri berasal dari swadaya pengurus dan infak dari jemaah sekitar.

“Ya, hari ini kita kerja bhakti untuk menyediakan air wudhu jamaah, pembersihan, pemasangan bola lampu dan lain lainnya sesuai kebutuhan,” kata Hariyanto didampingi wakilnya Eka Dewata.

Sementara itu ketua RW setempat Nanang Kaswadi, didampingi Ketua RW 02 Labuhan Tangga Kecil, Edwin, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya Goro memang sudah harus dilakukan di mushalla maupun Masjid sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

“Kalau tempat ibadah kita bersih, setidaknya dapat memberi kenyamanan jamaah dalam melakukan ibadah,” kata Nanang

Selain itu Ia juga berharap pada Bulan Ramadhan tahun ini seperti sholat tarawih dan witir serta ibadah lainnya bisa terlaksana dangan lancar.

“Mudah-mudahan Ramadhan tahun ini bisa shalat tarawih berjamaah di masjid atau mushala, Semoga apa yang sudah kita kerjakan saat ini menjadi amal ibadah buat kita semua,” ucap Nanang Kaswadi. (**)