Begini koronologis kebakaran kios minyak hingga mengakibatkan Yanti meninggal dunia

Bagansiapiapi (Seribu Kubah) – Kepolisian Sektor (Polsek) Bangko, Rokan Hilir pada Minggu (30/7/2017) sekira pukul 03.00 WIB dini hari telah mengamankan Yan Efriza alias Ijep (34) warga Jalan Utama, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko diduga tersangka tindak pidana curas yang menyebabkan korban Yanti alias Iyet (55) meninggal dunia.

Kejadian kebakaran kios minyak yang menyebabkan meninggalnya Yanti, terjadi pada Selasa (18/7/2017) sekira pukul 05.20 WIB di Jalan Sungai Garam, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko. Unit Reskrim Polsek Bangko langsung melakukan penyelidikan secara intensif dengan cara mendatangi TKP, mencatat saksi dan juga mencari barang bukti yang dapat dijadikan petunjuk.

“Diketahui bahwa kebakaran tersebut terjadi dikarenakan faktor kesengajaan,” kata Kapolsek Bangko, Kompol Agung Triadiyanto SIK, didampingi Waka Polsek Bangko AKP Dodi, Panit Reskrim Iptu Yuliardi dan juga anggota dalam press rilis di Aula Mapolsek Bangko, Minggu (30/7/2017).

Dengan adanya bukti petunjuk tersebut, lanjut Kapolsek, tim Opsnal Polsek Bangko langsung melakukan penyelidikan dilapangan, dengan ciri-ciri yang diketahui dan diperoleh informasi bahwa diduga pelaku bernama Yan Efriza yang sehari-hari dipanggil dengan nama Ijep.

“Hal ini juga diperkuat setelah kejadian tersebut yang di duga pelaku tidak pernah lagi kelihatan dirumahnya maupun kota Bagansiapiapi,” sebut Kapolsek.

Dengan adanya petunjuk-petunjuk yang cukup kuat, Team Opsnal Polsek Bangko tetap melakukan penyelidikan secara mendalam dan diketahui bahwa pelaku sedang berada di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Berdasarkan informasi tersebut, pada Rabu 26 Juli 2017 sekira pukul. 01.00 WIB dengan dilengkapi sprintgas dan sprintkap, Kapolsek Bangko memerintahkan unit opsnal Polsek Bangko yang dipimpin langsung oleh panit reskrim Polsek Bangko Iptu Yuliardi untuk segera mengamankan dan menangkap pelaku di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumbar.

Dengan bekal informasi dan kemampuan anggota opsnal dilapangan, team opsnal Polsek Bangko langsung menuju ke TKP. Alhasil pada hari Jumat 28 Juli 2017 pelaku berhasil ditangkap dan diamankan serta segera dibawa pulang ke Mapolsek Bangko Kota Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil

“Hasil interogasi kepada pelaku, pelaku mengakui tindak pidana yang telah di lakukan olehnya. Dan pelaku juga menjelaskan secara singkat bahwa pada malam kejadian tersebut pelaku memang berniat untuk melakukan pencurian di kios minyak saudari Yanti. Setalah pelaku masuk ke dalam kios tersebut dan hendak mengambil uang didalam kaleng, namun aksi pelaku diketahui oleh korban dan dengan segera pelaku langsung mengambil seutas tali rapia dari dalam kantong celananya, kemudian pelaku langsung mengalungi dan menjerat tali tersebut keleher korban,” jelas Agung

Kapolsek menambahkan, disaat korban meronta meronta kesakitan, tangan korban menyentuh jerigen yang berisikan minyak bensin sehingga jerigen-jerigen tersebut terjatuh dan mengeluarkan bau bensin serta langsung menimbulkan api dan asap yang tebal.

Melihat api dan juga asap yang tebal pelaku langsung melepaskan korban yang mulai tidak menyadarkan diri dan langsung ingin mengambil sepeda motor yang ada di dalam kios, dikarenakan api dan asap yang tebal pelaku tidak melanjutkan niat nya untuk mengambil sepeda motor tersebut dan hanya mengambil uang yang ada di dalam kaleng beserta HP merk nokia type 1280 milik korban dan langsung melarikan diri ke arah Jalan Sungai Garam Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko.

Pelaku dikenakan pasal 365 ayat ( 3 ) jo 338 jo 340 KUHP. “Sampai saat ini pelaku telah diamankan di Polsek Bangko dan masih dalam pemeriksaan oleh penyidik reskrim Polsek Bangko,” kata Kapolsek. (Famel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *