Jalan lintas Bangko Pusako rusak parah

Bangko Pusako, Seribu Kubah – Kondisi jalan lintas Bangko Pusako dan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir rusak parah akibat seringnya mobil bermuatan melebihi beban tonase 20 hingga lebih dari itu, akibatnya jalan cepat berlubang, bergelombang.

Ironisnya, kerusakan jalan ini diperparah sejak adanya sebuah  PKS sawit di wilayah Kecamatan Bangkok Pusako berdiri dalam berapa tahun ini. Setiap harinya mobil CPO dan muatan sawit terus melintas.

Dengan kondisi jalan rusak ini, masyarakat setempat sangat kecewa, terutama kepada PKS sawit tersebut.

Salah seorang warga, Zul kepada Seribukubah.com, Ahad (16/7/2017) mengaku, sebelum adanya PKS tersebut kondisi jalan masih bagus dan kini sudah rusak semuanya.

“Memang kita akui, pihak PKS ada melakukan perbaikan jalan dengan cara menimbun dengan bebatuan dimana jalan yang berlubang, namun timbunan itu bukan tambah bagus, malahan jalan bergunduk-gunduk,  kalau kita naik kendaraan melintas macam naik kuda,” kesalnya.

Zul mengatakan, bahwa perusahaan tersebut hanya mementingkan keuntungan pribadi saja. “Jalan rusak dibuat mereka tak mau melakukan pengaspalan lagi dan hanya dilakukan perbaikan dengan cara menimbun yang mana berlubang,” tuturnya.

Pada hal, lanjutnya, dulunya kalaupun rusak jalan paling sedikit saja, namun masih ada jalan aspalnya yang mulus.

“Kalau kami nilai tidak pantas  ini dijadikan jalan perusahaan PKS sawit. Seharusnya mereka cari jalan lain. Bukan jalan ini. Kita sangat khawatir Pemerintah daerah tidak mau lagi perbaiki jalan ini, karena setiap diperbaiki nanti belum ada sebulan dah rusak. Sebab, ini jalan bukan kapasitas jalan provinsi dan jalan ini kapasitas kabupaten diatas 8 ton yang sanggup menahan beban,” pungkasnya.

Dia berharap kepada pemerintah daerah untuk mempertanyaan izin PT tersebut. “Kami tak sanggup setiap harinya makan debu, berlumpur dan jalan sana sini rusak, biasanya jarak tempuh bisa cepat kini jalan lambat karena jalan rusak,” kesal Zul. (Samsul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *