IP Plaza Milik Pengusaha Tionghoa Bagansiapiapi Diresmikan

Bagansiapiapi, Seribu Kubah – Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp meresmikan pemakaian IP Plaza Bagansiapiapi, Sabtu (10/6) malam kamaren. Gedung mewah empat lantai eks Bioskop Ria senilai Rp60 Miliar itu dibangun diatas lahan seluas 25,6 X 36,50 meter oleh donatur asal bagansiapiapi, Sugianto alias Raja Baut untuk kebutuhan kelenteng khususnya dalam perayaan iven nasional tahunan, Ritual Bakar Tongkang (RBT).

Peresmian IP Plaza sekaligus malam hiburan rakyat itu Bupati Suyatno didampingi Sugianto Alias Raja Baut beserta istrinya Masni Sugianto, dan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H Wan Thamrin Hasyim, Kapolda Riau Brigjen Zulkarnaen Adinegara, Ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan, Kadisparpora Rohil H Ali Asfar S Sos Msi, Ketua kelenteng Ing Hok King yang juga tokoh dituakan Oliong, para artis dari negara Malaysia dan Taiwan serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Suyatno mengaku tidak menyangka dikota Bagansiapiapi ada bangunan mewah berdiri megah. Apalagi bangunan itu dibangun oleh putra rohil asal bagansiapiapi untuk kebutuhan kelenteng. “Saya merasa salut dengan Pak Sugianto, walaupun merantau dikampung orang namun setelah sukses ingat dan berniat untuk membangun kampung halamannya. Mudah-mudahan rezeki pak sugianto diperantauan orang bertambah banyak dan sukses,” ucap Bupati Sembari memberikan doa.

Dikatakan orang nomor satu dinegeri seribu kubah ini, setiap tahun khususnya pada iven ritual bakar tongkang Sugianto rutin pulang kekampung halamannya. Hal ini sebutnya sudah berlangsung sejak 10 tahun terakhir ini. Bahkan, ia juga bukan hanya sekedar pulkam, akan tetapi juga rutin memberikan santunan dan bantuan kepada masyarakat. “Saya salut dengan pengusaha muda tionghoa rohil ini, selama 8 bulan yang sebelumnya hanya berdiri 4 bangunan gedung ruko disulap menjadi bangunan sangat mewah. Informasi yang saya dengar  IP Plaza ini dikerjakan sebanyak 200 pekerja siang dan malam hingga akhirnya selesai tepat waktu,” Puji Suyatno.

Berdirinya IP Plaza ini tentunya impian dari sugianto dan keluarga telah tercapai. “Kita dari pemkab rohil tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga Sugianto yang telah peduli dengan kampung kelahirannya yakni kota kecil, Bagansiapiapi,” tutupnya. (Famel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *