Rumah Dinas Camat Basira Belum Ditempati, Lho Kenapa?

Bagan Sinembah Raya, Seribu Kubah – Sejak diresmikan Kantor Camat Bagan Sinembah Raya (Basira) oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno, hingga kini rumah Dinas Camat yang bersebelahan dengan kantor Camat belum juga ditempati.

Padahal, pada acara peresmian Kantor Camat Basira Bupati kala itu sudah menegaskan kepada camat yang mendapat bangunan rumah dinas Camat yang baru wajib ditempati setelah diresmikan Kantor Camat. Kala itu Bupati juga mengatakan bahwa dirinya akan turun lagi dan melakukan kroscek dirumah dinas camat, guna memastikan apakah ditempati atau tidak.

Tujuan Bupati Rohil saat itu, ia ingin para camat melayani masyarakat dengan dekat dan segala urusan administrasi bisa cepat apa bila camat sudah berada ditempat. Maka dari pada itu para camat wajib tinggal dirumah dinas, kapanpun masyarakat butuh camat selalu ada.

Namun demikian, sebaliknya rumah dinas tersebut belum juga ditempati oleh camat. Malahan kini dijadikan kantin. Ironisnya, tersedia Dam Batu diatas meja.

Berdasarkan pernyataan orang nomor satu di Rohil itu dan pihak awak media yang bertugas di Rohil pada Selasa (23/5/2017) sekira pukul 11.00 WIB mendatangi rumah dinas camat.

Setibanya dirumah dinas camat tampak tim Inspektorat sedang meninjau bangunan rumah dinas Camat tersebut. Didalam garasi, tampak sebuah mobil pribadi merk Suzuki sedang parkir. Sementara, didalam ruangan, tampak beberapa staf pria dan wanita sedang duduk-duduk. Ketika ditanya siapa mereka yang sedang duduk-duduk, mereka mengaku staf kantor Kecamatan Basira.

Selain itu, diteras samping terdapat beberapa kursi dan meja dan terlihat beberapa orang pria sedang ngobrol. Ketika disambangi dan ditanyakan, apakah Bapak Camat ada, mereka serentak mengatakan bahwa Camat tidak ada karena sedang pergi ke Pekanbaru. Satu diantaranya mengaku Sekretaris Camat (Sekcam) yang bernama Aswan.

Saat itu, salah satu tim sempat menyinggung pernyataan Bupati saat meresmikan kantor camat beberapa bulan lalu, bahwa rumah dinas tersebut harus ditinggali oleh camat. Bahkan Bupati akan meninjau ke lokasi jika tidak ditinggali.

Saat itu, Sekcam mengaku bahwa rumah dinas tersebut belum rampung dikerjakan dan pada hari itu, inspektorat dari kabupaten sedang mengecek bangunan yang belum dibayar Pemkab Rohil tersebut. “Mungkin karena bangunan (rumah dinas, red) ini belum selesai,” ujarnya meyakinkan.

Namun ketika disinggung kenapa dijadikan kantin dan bahkan sempat terlihat Dam Batu yang identik dengan judi, Sekcam terlihat mengelak dan menyarankan agar konfirmasi langsung dengan camat, Bapak Hadiono. “Kalau soal itu (dijadikan kantin, red) konfirmasi camat aja,” elaknya. Padahal camat tidak ada ditempat.

Usai ditinjau inspektorat, kontraktor pembangunan rumah dinas camat yang mengaku bernama Lutfi mengatakan bahwa keterlambatan penyelesaian rumah dinas tersebut dikarenakan proses pembayaran oleh Pemkab Rohil yang tersendat. “Sebenarnya hanya tinggal sedikit lagi pembangunan ini selesai,” katanya.

Camat Bagan Sinembah Raya, Hadiyono SH sampai saat ini belum bisa ditemui hingga berita ini di terbitkan. (Samsul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *