Hutang 2016 Belum Dibayarkan, Sekda: Uang Belum Ada, Kalau Sudah Ada Pasti Kita Bayar

Bagansiapiapi, Seribu Kubah – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir Drs. H. Surya Arfan M.Si mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat tetap membayarkan semua kegiatan 2016 dan diselesaikan pada tahun 2017.

“Kita tetap mengutamakan untuk membayar hutang dulu, tapi uangnya sekarang ini belum ada. Apabila uang sudah ada pasti akan kita bayar, baik itu hutang proyek, gaji honorer, termasuk gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum dibayarkan,” kata Surya Arfan kepada Seribukubah.com di Bagansiapiapi, Jumat (17/3/2017) sore.

Sekda mengatakan, bila uang sudah ada nanti proses pembayaran seperti kegiatan proyek 2016 lalu terlebih dahulu dilakukan audit oleh Inspektorat Rohil.

“Perlu digaris bawahi proses pembayaran hutang 2016 itu terlebih dahulu harus dilakukan audit Inspektorat. Itu harus dilakukan tak mungkin kita bayarkan nanti sementara barangnya tidak ada. Jadi Badan Pengelola Keuangan tidak akan membayar hutang tersebut sebelum Tim Inspektorat turun kelapangan,” katanya.

Ia mengatakan, untuk tahap awal diminta kepada Tim Inspektorat turun ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. RM Pratomo Bagansiapiapi. “Jadi hutang obat kalau tidak segera dibayarkan mereka tidak mau mendistribusikan obat nanti. Sementara obat ini kan pelayanan masyarakat, sempat tak ada obat di rumah sakit kacau. Makanya atas persetujuan pak Bupati yang pertama kali Tim Inspektorat nanti turun di RSUD,” kata Sekda.

Kondisi defisit anggaran saat ini menurutnya tidak hanya terjadi di Rohil saja, melainkan hampir seluruh kabupaten/kota. “Kalau ada duit pasti kita bayar. Malahan kalau perlu kita tiadakan kegiatan, sehingga kita tidak mau lagi berhutang pada 2018 nanti,” tuturnya. (famel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *