Pengusaha Minta Bagansiapiapi Miliki Pelabuhan Internasional

Bagansiapiapi, Seribu Kubah – Pengusaha luar negri ternyata banyak melirik Rokan Hilir (Rohil), khususnya Bagansiapiapi. Pasalnya daerah ini memiliki berbagai potensi di bidang perikanan, pertanian dan perkebunan. Namun, kendala yang di hadapai saat ini belum adanya Pelabuhan Internasional didaerah itu sehingga pengusaha asal luar negeri tersebut engan untuk berinvestasi di Rohil.

Kepala Bea dan Cukai Bagansiapiapi melalui Kasupsi Pelayanan dan Perbendaharaan Bea dan Cukai Bagansiapiapi, Candra Wijaya, Kamis (16/2/2017) mengaku kalau pihaknya pernah ditemui pengusaha asal luar negeri agar dibuatkan Pelabuhan Internasional di Bagansiapiapi.

“Sudah banyak pengusaha luar yang menanyakan ke kita agar dibuatkan Pelabuhan Internasional di Bagansiapiapi,” kata Candra Wijaya.

Baca juga: ( Musrenbang Simpang Kanan, Prioritaskan Jalan Penghubung ke Basira dan Labusel )

Dia mengatakan sebagian dari pengusaha itu tertarik ingin membeli keladi dan ingin membawanya ke luar negeri. Namun, karena belum tersedianya Pelabuhan di Bagansiapiapi mereka mengurungkan niatnya. Karena menurut mereka kalau dari Pelabuhan Internasional Kota Dumai terlalu jauh.

Meski demikian ia yakin nantinya aktivitas impor dan ekspor dari Rohil bisa difokuskan di pelabuhan ini nantinya. Lokasinya disarankan di Bagansiapiapi atau Sinaboi.

Menyikapi apa yang disampaikan pihak Bea dan Cukai Bagansiapiapi tersebut, Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan M.Si mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan menyampaikan hal itu ke Bupati.

“Kita sebenarnya sudah punya Pelabuhan Internasional di pingiran Sungai Rokan Batu Enam yang di bangun pemerintah pusat. Namun, hingga kini belum tuntas. Kita akan minta pemerintah pusat agar bisa segera menyelesaikan pengerjaan pelabuhan ini sehingga peluang menambah pendapataan daerah dari sektor impor ini dapat dimanfaatkan dengan baik,” kata Sekda. (dgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *