Pemprov Riau Ajak Warga Rohil Optimalkan Potensi Kelautan

Pekanbaru – Pemerintah Provinsi Riau kini tengah mengembangkan berbagai potensi ekonomi di daerah pesisir sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Salah satu daerah pesisir yang saat ini tengah dikembangkan ialah di Kabupaten Rokan Hilir,” kata Asisten III Setda Provinsi Riau Kasiaruddin di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa Pemprov Riau melalui Bappeda dan Kelautan sedang melakukan pembinaan kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir untuk mengembangkan kerang dan kepiting.

“Beberapa waktu lalu telah dicoba membeli benih kerang senilai Rp200 ribu, kemudian ditebar di pantai, dan hasilnya tidak mengecewakan,” sebutnya.

Ia mengatakan bahwa pengembangan ini juga merupakan upaya menjaga produk lokal, sehingga tidak memerlukan biaya ekstra.

“Dan pengembangannya juga tidak sulit karena dikembangkan di habitat aslinya, masyarakat juga sudah familiar hanya perlu dikelola dan didampingi dengan teknologi dan manajemen yang lebih baik,” jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa upaya pengembangan potensi ekonomi di daerah pesisir ini didukung oleh masyarakat setempat.

“Sejauh ini masyarakat sangat antusias sekali,” ucapnya.

Disamping itu ia juga memaparkan bahwa Provinsi Riau memiliki garis pantai mencapai 2000 kilometer dan sangat berpotensi untuk dimanfaatkan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Dari 2000 kilometer garis pantai itu, hanya sebagian kecil saja yang sudah mulai dimanfaatkan oleh masyarakat, kedepan tentu diharapkan masyrakat dapat lebih banyak lagi mengelola potensi perikanan dan kelautan yang ada di daerahnya masing-masing, karena pasar yang menunggu hasil perikanan dan kelautan itu sangat luas sekali,” paparnya.

Source: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *