Empat Ekor Anak Sapi di Bagan Sinembah Raya Terserang Virus Jembrana

Bagan Sinembah Raya, Seribu Kubah – Diduga sebanyak 4 ekor anak sapi Kelompok Tani Gotong royong Karya Abadi di Kepenghuluan Harapan Makmur, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Rokan Hilir mati mendadak karena di serang virus Jembrana.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Kelompok Karya Abadi, H Hol kepada wartawan, Rabu (1/2/2017). Ia menjelaskan, hampir separuh sapi milik kelompok tani terjangkit Virus Jembrana, namun sudah dilakukan vaksin sebanyak dua kali.

“Alhamdulillah, setelah dilakukan suntikan vaksin sapi mulai membaik dan air keluar dari hidungnya udah sedikit, nanti pada bulan empat¬† juga akan dilakukan vaksin ulang,” ujarnya.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa jika induk sapi sakit dan beranak dapat mempengaruhi kepada anaknya yang dilahirkan. “Kami panik juga, kok tiba-tiba penyakit sapi ini datang secara mendadak,” katanya lagi.

Ketika ditanyakan bantuan sapi tersebut apakah berasal dari Pemerintah Provinsi Riau atau Pemerintah Pusat, ia menjelaskan bahwa anak sapi itu milik pribadi yang disatukan dalam kelompok tani.

“Alhamdulilah, sapi bantuan dari Pemerintah sebanyak 10 ekor belum ada yang mati,” tuturnya. (Syamsul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *