Bupati Rohil Lantik 173 Pejabat Eselon II dan III

Bagansiapiapi (Seribukubah.com) – Bupati Rokan Hilir Provinsi Riau, H. Suyatno melantik sebanyak 173 Pejabat Eselon II dan III. Pelantikan dilakukan di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Jumat (13/1) pagi.

Jumlah pejabat yang dilantik terdiri dari 24 orang Pejabat Eselon II dan 149 orang Pejabat Eselon III. Sesuai dengan SOTK baru yang mulai dijalankan semua pejabat yang dilantik ada yang tetap dengan jabatan lama, ada pula yang berpindah jabatan.

Pelantikan diawali dengan pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil Drs. H. Surya Arfan dilanjutkan dengan pejabat lainnya. Pelantikan ditandai dengan pembacaan surat keputusan dilanjutkan pembacaan sumpah jabatan dan penyerahan SK secara simbolis.

Bupati H. Suyatno mengatakan, bahwa pejabat yang ditempatkan sesuai dengan kemampuan dan kemauan kerja.

“Jujur saja banyak sms masuk ke Hp saya minta tolong, tapi jujur kita berikan amanah sesuai dengan kemampuan yang  bersangkutan,” katanya.

Bahkan tak cukup sampai disini saja, Pemkab Rohil juga akan melakukan mutasi untuk Pejabat Eselon IV dan setingkatnya. Termasuk didalamnya para kepala UPTD di Kecamatan.

“Hari ini Eselon II dan III dalam tiga hari kedepan masih ada pasukan lainnya yang juga akan kita lantik dan mutasikan. Bahkan Pemkab menegaskan dalam dua tiga bulan usai pelantikan akan dilakukan evaluasi kepada pejabat yang bersangkutan. Jika bekerja dengan baik akan dilanjutkan dan jika tidak akan dievaluasi.

Bupati berpesan kepada pejabat yang baru dilantik untuk bekerja dengan serius sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

“Kita sudah dewasa, nyawa kita tak lama lagi, jadi berbuat baiklah kepada negeri ini,” kata Bupati berpesan.

Bahkan memasuki musim panas ia juga berpesan kepada Camat dan Satker terkait untuk melakukan berbagai persiapan sehingga api tidak meluas dan menjadi bencana yang besar.

Dari pejabat-pejabat yang dilantik terlihat 3 nama Pejabat Eselon II tak masuk alias nonjob, diantaranya H. Arsyad mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Syahril S.Sos mantan Kepala Dinas Perkebunan dan Ir Muslim mantan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan.

Semua Satker sesuai dengan SOTK yang baru dan pasca dilantik akan mulai dijalankan. Meskipun ada dinas dan badan yang juga belum memiliki kepala dinas dan sementara ini dijabat oleh Sekretaris yang di Plt kan.

Eson II yang dilantik diantaranya, Drs Suandi sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum yang sebelumnya menjabat Kepala Kesbangpolinmas.

Ibus Kasri Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Pembangunan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar.

Staf Ahli berikutnya dijabat oleh Misnawati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya manusia yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial.

Sementara itu untuk Asisten I kini dijabat oleh H.Ferry H.Parya yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendapatan. Asisten I melebur dengan Asisten III menjadi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra. Asisten II masih tetap dijabat oleh Pejabat lama H.Hasrial, SE, MSi.

Sementara itu, Asisten III Administrasi Umum dijabat oleh Drs H. Indra Putrayana M.Si yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu.

Untuk jabatan Sekretaris DPRD Rohil masih dijabat oleh orang lama H. Syamsuri Achmad S.Sos, M.Si. Kepala Bappeda masih pejabat lama HM Job Kurniawan Ap M.Si. Jabatan Kepala Kesbangpolinmas dijabat oleh H. Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga.

Untuk jabatan Kepala Badan Kepegawaiam Daerah (BKD) masih dijabat oleh H.Roy Azlan A.P M.Si. Sama halnya dengan jabatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah masih dijabat oleh H.Azhar Achmad Ali SE, M.Si.

Sementara itu jabatan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dijabat oleh H.Syafruddin HS S.Sos yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Jabatan Dinas Lingkungan Hidup kini dijabat oleh Suwandi S.Sos yang dulunya menjabat Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Sementara itu Dinas Perindustrian Perdagangam dan Pasar dijabat oleh Drs H.Sukma Alfalah yang sbelumnya menjabat Kepala Badan Penanggulangan Dampak Lingkungan Daerah.

Rahmatul Zamri S.Sos menjabat Kepala Dinas Perhubungan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kehutanan. Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dijabat oleh H.Ali Asfar S.Sos M.Si yang sebelumnya menjabat Asisten III Setdakab Rohil.

H. Wazirwan Yunus S.Sos M.Si menjabat Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah sebelumnya menjabat Badan Pengelola Perbatasan yang sudah dihapuskan. Jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja diisi oleh Ir H. Amiruddin yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan Rohil.

HM Rusli Syarif kini menjabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang sebelumnya menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rohil. Dinas Sosial diisi oleh HM Junaidi Saleh yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan.  Pengganti Junaidi sebagai Kepala Dinas Kesehatan diisi oleh Hj.Dahniar yang sebelumnya menjabat Asisten IV Bidang Administrasi.

Untuk jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dijabat oleh drh Isa Ahmadi yang sebelumnya menjabat Staf Ahli. Dinas ini bergabung dengan Dinas Pertanian, Peternakan, Dinas Perkebunan dan Badan Ketahanan Pangan.

Sementara itu merger Dinas Bina Marga dan Dinas Cipta Karya menjadi dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dijabat oleh H.Jon Syafrindow yang dulunya Kepala Dinas Koeprasi dan UKM.

Adapun dinas dan badan yang masih belum ada Pejabat Eselon II diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Badan Pendapatan Daerah, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Daerah dan Perlindungan Masyarakat. Kepala Kantor Inspektorat, Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Untuk camat juga dilakukan mutasi hampir menyeluruh, banyak juga camat yang menjadi Kabag dan Kabid di lingkungan Pemkab Rohil. (skc/der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *