Jufri Jabbar Jabat Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI, Seribukubah.com- Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau saat ini tidak lagi dijabat Edi Mulyono namun digantikan oleh Jufri Jabbar.

“Selama lebih kurang 15 bulan saya berlabuh di Rohil ini mungkin barangkali banyak merepotkan pemerintah setempat, terima kasih kami ucapkan atas dukungan selama ini,” kata Kepala Cabang Rutan Kelas II B Kota Dumai, Edi Mulyono yang sebelumnya menjabat Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi pada acara serah terima jabatan dan pisah sambut, di Rutan Cabang Bagansiapiapi, Selasa (10/1).

Menurutnya keberadaan Rutan Cabang Bagansiapiapi terpadat di Indonesia itu sudah dikunjungi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly. Bahkan saat ini pembangunan rutan yang baru sedang dikerjakan.

“Alhamdulillah pemberian tanah dari hibah pemerintah daerah setempat sekarang dalam pematangan lahan. Mudah-mudahan 2018 sudah bisa ditempati,” harapnya.

Ia mengatakan selama bertugas di Rokan Hilir juga terus melakukan koordinasi baik dari pihak Kepolisian, Kejaksaan Negeri maupun Kodim 0321/Rohil.

“Selama saya memimpin Rutan Bagansiapiapi dalam keadaan aman dan kondusif, semua itu berkat dukungan dari semua pihak,” Kata Edi Mulyono.

Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi, Jufri Jabbar mengatakan baru sekali ini bertugas di Riau yakni di Bagansiapiapi. Sebelumnya telah bertugas di Kediri, Blitar dan terakhir di Jakarta.

“Mudah-mudahan kami diterima masyarakat disini, mohon kerjasama, bimbingan dan arahan. Mudah-mudahan kegiatan pembinaan dapat dijalankan sesuai ketentuan,” katanya.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Riau, Muji Rahardjo mengharapkan pejabat yang baru melaksanakan sertijab dan pisah sambut dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Pesan kami jalin komunikasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah setempat. Kemudian lakukan kegiatan pembinaan warga dengan baik dan kuatkan pembinaan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) personil yang ada,” kata Muji Rahardjo.

Sekretaris Daerah Rohil, Surya Arfan yang turut hadir dalam acara itu mengatakan bahwa mutasi atau berpindah tempat merupakan salah satu persoalan yang lazim, apalagi pejabat instansi pusat.

“Kami merasa terkesan dengan Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi Edi Mulyono selama bertugas di Rokan Hilir. Beliau bisa mendatangkan Menkumham ke Bagansiapiapi dan gebrakannya dalam membangun rutan yang baru. Bahkan berupaya meningkatkan status Rutan menjadi Lapas Kelas III. Ini kesan yang sangat luar biasa sekali,” kata Sekda.

Ia juga mengucapkan selamat bertugas ditempat yang baru dan berharap agar komunikasi tetap terjalin dengan baik.

“Jujur kami merasa kehilangan. Tapi kami yakin ini yang terbaik dan jabatan baru di Kota Dumai tentunya tempat yang lebih baik lagi. Kepada Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi yang baru lanjutkan perjuangan kepala yang lama untuk membenahi rutan ini,” katanya.

Sekda juga berpesan kepada Kanwil Kemenkumham Riau untuk terus memantau perkembangan pembangunan fisik rutan Bagansiapiapi.

“Semoga Menkumham tetap memperhatikan pembangunan rutan yang saat ini sedang dalam tahap pematangan lahan,” harapnya. (ant/dd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *