Bupati: Mempertahankan NKRI Bukan Hanya Tugas TNI Polri

BAGANSIAPIAPI, Seribukubah.com- Bupati Rokan Hilir Provinsi Riau, Suyatno mengajak kepada masyarakatnya untuk bersatu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengingat tugas pertahanan negara bukan hanya menjadi wewenang TNI maupun Polri.

“Memperjuangkan dan mempertahankan sebuah negara itu tidak hanya di pundak TNI dan Polri saja, semua komponen masyarakat ada didalam itu, karena Indonesia milik kita bersama,” kata Bupati usai memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara Ke-68 tahun 2016, di Taman Budaya Batu Enam, Bagansiapiapi, Senin (19/12) pagi.

Ia mengatakan, Hari Bela Negara yang diperingati setiap tahunnya ini mempunyai karakteristik tersendiri, karena kehebatan bangsa Indonesia itu terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan adat.

“Inilah yang membedakan kita tapi tetap bersatu. Makanya hari ini di NKRI mulai dari Sabang sampai Merauke melaksanakan apel Hari Bela Negara,” tegas Suyatno.

Kejadian-kejadian yang sudah berlalu menurutnya tidak perlu dibesarkan, namun yang terpenting Indonesia tetap kokoh dan bersatu sesuai dengan ideologi Pancasila.

Dengan begitu semua tokoh masyarakat sangat berperan penting didalam menciptakan keamanan dan ketertiban tersebut.

“Kalau negara ini aman kita bisa tenang dalam menjalankan aktivitas kita sebagai penyelenggara negara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya pula.

Ia kembali mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketentraman serta ancaman terhadap keutuhan NKRI.

“Intinya semua harus menyatu dalam rangka mempertahankan NKRI yang kita cintai ini, merdeka untuk Indonesia,” demikian Suyatno. (skc/dd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *