Penampilan Rohil Memukau Dalam Peringatan HAKI

PEKANBARU, Seribukubah.com- Rombongan Rokan Hilir tampil memukau dalam acara peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) tahun 2016 yang dipusatkan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Acara ini langsung dibuka oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo, Kamis (8/12) menggantikan Presiden Jokowi yang berhalangan hadir.

Penampilan Rohil selain membuat Stand Expo yang ramai dikunjungi dilanjutkan dengan penampilan Kirab Budaya. Selanjutnya pada malam harinya penampilan pentas seni juga membuat para tamu undangan berdecap kagum. Rombongan ini dibawahi oleh Dewan Kesenian Daerah (DKD) Rohil.

Dalam setiap kegiatan Bupati Rohil H. Suyatno, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Plt Sekda H. Surya Arfan dan sejumlah pejabat Rohil selalu hadir untuk menyaksikan penampilan rombongan Rohil yang sudah berlatih dalam dua bulan terakhir.

Plt Sekda Rohil Drs H Surya Arfan mengatakan, Bupati H. Suyatno bangga dengan penampilan adik-adik yang memang dibina secara baik.

“Pak Bupati mantau terus dan juga mengatakan kebanggaannya atas apa yang ditampilkan tadi malam,” kata Sekda.

Pembukaan HAKI oleh pimpinan KPK ini ditandai dengan pemukulan kompang yang dilakukan Agus Rahardjo, didampingi Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman. Turut hadir, seluruh Bupati dan walikota se-Riau.

Sebelum melakukan pemotongan pita, dua ekor gajah Sumatera dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau melakukan beberapa atraksi di depan Pimpinan KPK dan Gubri.

Setelah ditampilkan atraksi oleh dua ekor gajah ini barulah Pimpinan KPK melakukan seremoni pemotongan pita sebagai tanda, bahwa perayaan HAKI sudah dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan.

Beberapa rangkaian kegiatan HAKI diantaranya, Semiloka Hari Anti Korupsi Nasional di Menara Bank Riau Kepri. Lalu, Integrity Expo di Panggung Utama Expo Gedung Daerah dan kegiatan lainnya.

Sementatra itu pembimbing rombongan Zakia Hada S.Sn M.Hum mengatakan, dalam kirab budaya menampilkan tema “Ganyang Koruptor” yang dikoordinatori oleh Abdul Muis. Kemudian dilanjutkan dengan pentas Seni Sanggar Teater Bulan Biru dengan judul Slome yang dikoordinatori oleh Walit Singkil. Dilanjutkan dengan Lomba Pantun dan Gurindam Sanggar Sri Kemuning, Kertas Kalam Negeri (Taslami) yang dikoordinatori oleh Delsi Hendria dan Expo dikoordinator oleh Kudi Anwar.

“Alahamdulillah semua berjalan lancar, setiap kali Rohil yang tampil selalu mendapat tepuk tangan yang sangat meriah oleh para hadirin seluruh Indonesia,” kata Zakia Hada. (skc/der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *