Barcelona vs Real Madrid Berakhir Imbang 1-1

Seribukubah.com- Laga El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid berkesudahan imbang 1-1. Barca unggul lebih dulu, tapi Madrid selamat dari kekalahan berkat gol Sergio Ramos pada menit-menit akhir.

Barca kembali diperkuat kaptennya, Andres Iniesta, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016). Iniesta sudah pulih dari cedera lutut dan tampil sebagai pemain pengganti pada laga ini.

Di kubu Madrid, Gareth Bale absen akibat cedera engkel, sementara Toni Kroos mengalami keretakan tulang metatarsal. Casemiro yang sudah kembali fit memulai laga dari bangku cadangan.

Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Barca membuka skor pada menit ke-53 lewat sundulan Luis Suarez. Namun, keunggulan tersebut sirna justru ketika laga tinggal tersisa beberapa menit.

Madrid berhasil menyamakan skor tepat pada menit ke-90. Ramos menjebol gawang Barca melalui sundulan kepalanya.

Dengan hasil ini, Madrid tetap memimpin klasemen La Liga dengan perolehan 34 poin dari 14 laga. Mereka masih unggul enam poin atas Barca yang berada di posisi kedua.

Jalannya Pertandingan

Madrid meminta penalti pada menit-menit awal setelah Lucas Vazquez dijatuhkan oleh Javier Mascherano. Namun, wasit tak menganggap kejadian tersebut sebagai pelanggaran.

Peluang pertama Madrid didapat Cristiano Ronaldo pada menit ke-16. Ronaldo meneruskan umpan lambung dari Vazquez, tapi sundulannya terlalu lemah dan tak menyulitkan kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen.

Berselang tiga menit, giliran Barca yang punya kans untuk unggul. Lionel Messi mengeksekusi sebuah tendangan bebas dan bola tembakannya mengarah ke gawang, tapi Keylor Navas dengan mudah mengantisipasinya.

Sebuah serangan balik Madrid pada menit ke-37 membahayakan gawang Barca. Ronaldo melakukan penetrasi ke kotak penalti dan menuntaskan serangan dengan tembakan kaki kiri. Namun, tembakannya dimentahkan Ter Stegen.

Pada menit berikutnya, Ronaldo mendapatkan peluang lagi. Dia menusuk ke kotak penalti Barca setelah melewati dua pemain lawan, tapi penyelesaiannya terlalu lemah dan tepat mengarah ke Ter Stegen.

Madrid kembali mengancam pada menit ke-45. Sepak pojok Isco disundul Raphael Varane, tapi bola mengarah tepat ke Ter Stegen.

Tak berselang lama, babak pertama berakhir. Barcelona 0, Real Madrid 0.

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke-53 setelah Suarez menggetarkan gawang Madrid. Sundulan Suarez meneruskan tendangan bebas Neymar gagal diantisipasi Navas dan membawa Barca memimpin 1-0.

Neymar menyia-nyiakan sebuah kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan Barca pada menit ke-68. Dia menusuk ke kotak penalti, mengecoh Dani Carvajal, dan punya ruang tembak yang sangat ideal. Namun, penyelesaiannya melambung.

Tak berselang lama, Iniesta yang punya kans. Namun, tembakannya cuma menerpa sisi luar jala gawang.

Messi juga membuang kesempatan bagus pada menit ke-82. Dia berhasil masuk ke kotak penalti Madrid setelah menerima operan dari Iniesta, tapi tembakannya ke arah tiang jauh masih melenceng.

Madrid berpeluang menyamakan kedudukan lima menit kemudian. Sial buat mereka, sundulan Ramos tak menemui sasaran.

Sundulan Ramos baru membuahkan gol tepat pada menit ke-90. Pemain bernomor punggung 4 itu dengan mudah menanduk bola hasil tendangan bebas Luka Modric untuk menjebol gawang Barca. Skor pun berubah jadi sama kuat 1-1.

Di injury time, Barca nyaris kembali memimpin. Sergi Roberto menyundul bola dari jarak jauh dan si kulit bundar terlihat akan masuk gawang. Tapi, masih ada Casemiro yang menghalaunya. Tak berselang lama, peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan berbunyi.

Susunan Pemain
Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto, Mascherano, Pique, Jordi Alba; Busquets, Rakitic (Iniesta 60′), Andre Gomes (Arda Turan 78′); Messi, Neymar (Denis Suarez 87′), Suarez

Real Madrid: Keylor Navas; Carvajal, Sergio Ramos, Varane, Marcelo; Modric, Kovacic (Mariano 87′), Isco (Casemiro 66′); Lucas Vazquez, Benzema (Asensio 77′), Cristiano Ronaldo.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *