Berikut Statistik El Clasico

Seribukubah.com- La Liga akhir pekan ini menghadirkan El Clasico pertama di musim 2016-17. Itu sekaligus jadi El Clasico ke-173 di La Liga.

Barcelona bakal menjamu Real Madrid sang seteru berat di Camp Nou, Sabtu (3/12/2016) malam WIB, dalam pertandingan jornada 14 La Liga.

Menghadapi laga itu Madrid yang ditangani Zinedine Zidane pegang keunggulan berupa enam poin atas Barca-nya Luis Enrique, dengan El Real menempati pucuk klasemen di atas El Barca–walaupun kini Gareth Bale sedang cedera.

Dari 172 pertandingan El Clasico di La Liga sebelum ini Madrid juga mengungguli Barca; Madrid menang 72 kali (mencetak 280 gol), Barca menang 68 kali (mencetak 273 gol), dan 32 partai lain berakhir seri.

Khusus saat El Clasico ajang La Liga itu dihelat di Camp Nou, Los Cules tercatat berhasil menang 49 kali, dengan Los Blancos berjaya 20 kali, dan 17 partai lain berakhir seri.

Berikut statistik El Clasico seperti dirangkum StatsZone-Opta

– Barcelona kalah tiga kali dalam 13 El Clasico terakhir yang mereka mainkan di kandang sendiri dalam seluruh ajang (7 menang, 3 seri, 3 kalah).

– Real Madrid memenangi lima dari sembilan pertandingan terakhirnya lawan Barcelona di seluruh kompetisi (5 menang, 4 kalah), termasuk lawatan terakhir ke Camp Nou.

– Jika Barcelona menang akhir pekan ini, itu akan menjadi kemenangan ke-50 saat menjamu Real Madrid di La Liga.

– Barcelona rutin mencetak gol dalam 21 partai terakhirnya lawan Real Madrid, rentetan terbaik dalam sejarah El Clasico (di seluruh ajang).

– Zinedine Zidane bisa menjadi pelatih pertama Real Madrid yang menikmati kemenangan beruntun dalam El Clasico di Camp Nou, semenjak Miguel Muñoz pada 1965 (empat di seluruh ajang).

– Zidane sudah melewati 25 laga beruntun tanpa kekalahan di La Liga (22 menang, 3 seri), dengan timnya mencetak gol di seluruh laga itu (rata-rata tiga gol per pertandingan).

– Real Madrid sudah mendapatkan 11 kartu merah dalam 26 El Clasico terakhirnya, dengan empat di antaranya didapatkan Sergio Ramos (di seluruh ajang).

– Di sisi lain cuma lima pemain Barcelona yang pernah dikartu merah dalam 26 El Clasico terakhir (di seluruh ajang).

– Satu-satunya El Clasico yang dimainkan di Ciudad Condal berakhir seri (5-5 pada 1943 di matchday 14 musim tersebut). Itu merupakan El Clasico di kota Barcelona dengan gol terbanyak di La Liga (10).

– Barcelona dan Real Madrid tidak pernah lagi bermain imbang tanpa gol di La Liga semenjak November 2002.

– Tujuh gol terakhir Barcelona lawan Real Madrid di Camp Nou (di seluruh ajang) sudah dicetak oleh pemain-pemain berbeda.

– Barcelona sudah meraih hasil seri dalam dua partai liga terakhirnya dan tidak pernah meraih tiga hasil seri beruntun ketika dilatih Luis Enrique.

– Tak ada pelatih Barcelona yang pernah menelan dua kekalahan beruntun dalam partai El Clasico di kandang sendiri.

– 27 poin setelah 13 partai awal liga merupakan start terburuk Barcelona semenjak 2007/08 (juga 27), ketika mereka menuntaskan musim di posisi tiga.

– Neymar sudah terlibat dalam lima gol di enam El Clasico-nya (3 gol dan 2 assist).

– Karim Benzema sudah mencetak lima gol dalam tujuh El Clasico terakhirnya di La Liga, tapi cuma satu yang dicetaknya di Camp Nou.

– Benzema telah membuat assist lebih banyak daripada pemain aktif Real Madrid dalam El Clasico seluruh ajang (lima), dengan tiga gol di antaranya dicetak Ronaldo.

– Luis Suárez adalah satu-satunya pemain yang pernah mencetak sepasang gol langsung ke gawang Keylor Navas di partai La Liga sejak kedatangan kiper itu ke Real Madrid.

– Gareth Bale mencetak satu gol saja dalam enam partai El Clasico-nya; gol kemenangan di final Copa del Rey 2014 di Mestalla. (detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *